5 Kiat Berikut Bisa Jadikan Koleksi Baju Anda Lebih Awet

Semua orang tentu mengakui kalau baju atau pakaian yang dikenakan bukan hanya sebagai pelindung tubuh dari segala cuaca dan kondisi. Akan tetapi juga menjadi sebuah fashion statement yang mengukuhkan ekspresi serta selera Anda di dunia fashion. Maka inilah yang menjadi alasan mengapa nyaris setiap hari transaksi pembelian pakaian lewat transaksi jual beli online ataupun konvensional sangat tinggi. Sekalipun pakaian tidak habis sekali pakai namun pembeliannya nyaris setiap hari.

Kiat-Kiat Merawat Pakaian

Mau belanja sesering apapun pakaian di lemari tetap akan dipakai meski hanya sekali, dan pada akhirnya menumpuk. Bagi Anda yang menganggap pakaian adalah teman hidup yang musti dijaga sebaik mungkin supaya senantiasa nyaman dipakai setiap saat dan menunjang penampilan. Maka wajib sekali memahami bagaimana merawatnya, asalkan dirawat dijamin enak dipakai dan tentunya membantu menjaga kesehatan isi dompet. Berikut beberapa kiat merawat pakaian yang bisa diterapkan:

  • Baiknya tidak dipakai terlalu sering,

Pakaian akan senantiasa awet ketika dipakai sesekali saja, jadi biarkan seluruh koleksi pakaian di lemari keluar secara beraturan. Atur pemakaiannya supaya tidak hanya satu atau dua potong pakaian yang dipakai setiap harinya. Pasalnya pakaian yang dipakai terlalu sering justru lebih mudah rusak, kalau sudah begini dijamin pakaian lain rasanya kurang pas dipakai. Maunya malah membeli yang baru, padahal kalau mau mengoreksi Anda hanya perlu tidak terlalu sering memakainya.

  • Memilih pemutih ramah lingkungan,

Untuk baju putih tentunya perlu perlakuan khusus supaya tidak mudah buluk atau kekuningan dan juga rusak. Baiknya saat dicuci di pisah dengan pakaian warna lain sehingga menghindari noda warna pakaian yang luntur dan susah dicuci. Kalau sudah terlanjur kena maka bisa direndam memakai pemutih, hanya saja imbasnya kain perlahan semakin tipis. Maka dianjurkan diganti dengan pemutih ramah lingkungan yakni larutan baking soda dengan air hangat. Efeknya sama memutihkan kain namun tidak merusak serat kain tersebut.

  • Minimalkan kerusakan memakai mesin cuci,

Zaman sekarang masyarakat lebih suka mencuci pakaian dengan mesin karena dianggap lebih praktis dan membuat tangan tetap halus. Namun usahakan memakai mesin cuci yang benar, dan hindari pakaian jenis tertentu dicuci dengannya. Misalnya pakaian dengan bahan lembut, tipis, atau mungkin yang mudah luntur dan kusut. Sebab pemakaian mesin cuci sebenarnya membuat pakaian mudah rusak, kalau ditemukan sobekan baiknya segera diperbaiki agar tidak melebar.

  • Keringkan pakaian secara alami,

Saat selesai mencuci baiknya mengeringkan koleksi pakaian secara alami, sehingga benar-benar kering dan nyaman dipakai. Ketika dikeringkan memakai mesin biasanya masih terasa lembab meski hanya sedikit baiknya diangin-anginkan sebentar. Sebab kalau langsung disetrika dan disimpan, setrika mudah rusak dan saat masuk lemari malah muncul bau tak sedap. Resiko bajunya rusak karena diserang jamur pun lebih tinggi, maka keringkan secara alami dan simpan saat benar-benar kering.

  • Simpan koleksi pakaian dengan baik,

Supaya awet dan tahan lama pakaian juga musti disimpan dengan benar, jangan hanya disetrika dan masuk ke lemari saja. Perhatikan sifat bahan dan modelnya untuk menentukan baiknya disimpan dengan cara dilipat atau digantung. Baiknya tidak disimpan terlalu lama, kalau sengaja disimpan lama karena kenangan misal bajunya pengantin dulu, silahkan sesekali dikeluarkan dan diangin-anginkan. Pastikan lemari dalam kondisi bersih dan kering supaya koleksi baju Anda tetap awet dan enak dipakai setiap saat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *